QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora
Vol 2 No 2 (2024): 2024

Peran Guru Pendidikan Agama Islam Pada Integrasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila di Madrasah

Khofifah, Nurul (Unknown)
Regita Ayu Pratiwi, Anfa (Unknown)
Ilmi, Nafi’atul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Pendidikan Agama Islam sangat penting dalam membentuk karakter siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran guru pendidikan agama islam pada integrasi nilai-nilai profil pelajar pancasila di madrasah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan, dengan teknik pengumpulan data dokumentasi, dan teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sebagai fasilitator proyek profil siswa pancasila, guru pendidikan agama islam harus mampu menciptakan materi yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan menggunakan media yang kuat untuk membantu siswa lebih memahami materi pelajaran. Enam kompetensi: iman, bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, beragamnya global, penalaran kritis, kreativitas, dan kemandirian dikembangkan sebagai karakteristik esensial profil siswa pancasila. tingkat profesionalisme yang tinggi diperlukan dari guru pendidikan agama islam, yang juga memiliki peran kepemimpinan dalam menerapkan kurikulum pembelajaran mandiri dan menghidupkan cita-cita profil siswa pancasila.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

qosim

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora dengan e-ISSN 2987-713X (online) p-ISSN 3025-5163 (cetak) dan Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal multidisiplin dan akses terbuka peer-reviewed dengan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & ...