Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui pengaruh pola asuh orang tua yang demokratis terhadap keterampilan membaca siswa kelas III di UPTD SD Negeri 121248 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2023/2024. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu s eluruh siswa kelas III yang berjumlah 30 orang dan 30 orang tua siswa. Serta sampel berasal dari seluruh jumlah populasi sebanyak 30 siswa dan 30 orang tua siswa. Pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan rumus statistik statistik deskriptif, dan regresi linier sederhana dengan memperhatikan nilai koefisien determinasi dan hasil uji-t. Berdasarkan analisis tersebut, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua yang demokratis terhadap keterampilan membaca siswa kelas III di UPTD SD Negeri 121248 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2023/2024.
Copyrights © 2023