Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter siswa pada mata pelajaran IPS kelas VI UPTD SD Negeri 121248 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2023/2024. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 30 siswa dan sampel penelitian ini yaitu seluruh populasi penelitian sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument angket. Adapun analisis data menggunakan rumus korelasional, analisi regresi sederhana dengan memperhatikan nilai koefisien determinasi dan hasil uji-t. Berdasarkan analisis tersebut, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter siswa kelas VI UPTD SD Negeri 121248 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2023/2024 yang dapat dilihat dari thitung > ttabel (4,433 > 1,701) dan nilai signifikansi (0,00 < 0,05) sehingga dapat kita simpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak dan membuktikan bahwa lingkungan sekolah berpengaruh terhadap pembentukan karakter.
Copyrights © 2023