Pande Nami Jurnal (PNJ)
Vol. 1 No. 2 (2023): PNJ : Vol. 1 - No. 2 - OKTOBER 2023

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 191488 BAHSAMPURAN

Siska Elisabet Manurung (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)
Yanti Arasi Sidabutar (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)
Lisbet Novianti Sihombing (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 091488 Bahsampuran. (Ha) Terdapat pengaruh model Cooperative script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 091488 Bahsampuran dan (Ho) tidak terdapat pengaruh model Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 091488 Bahsampuran. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024 metode yang digunakan pada penelitian ini ialah Pre-Eksperimental Design menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 14 siswa Perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Test serta Dokumentasi . data diolah menggunakan Teknik analisis statistic. Dari hasil analisis data yang diperoleh hasil bahwa thitung = 24,948 dan ttabel = 1,705 sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung >ttabel sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 091488 Bahsampuran. Artinya HO ditolak dan Ha diterima.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pnj

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pande Nami Jurnal (PNJ) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel dalam bidang pendidikan dasar, kurikulum dan system pengelolaan pembelajaran di pendidikan dasar yang meliputi tematif integratif, serta kebijakan manajemen berbasis kelas di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), ...