Pande Nami Jurnal (PNJ)
Vol. 1 No. 2 (2023): PNJ : Vol. 1 - No. 2 - OKTOBER 2023

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA 2 KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN KELAS IV SD NEGERI 091524 PNP TONDUHAN

Hana Pasaribu (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)
Nancy Angelia Purba (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)
Desi Sijabat (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman di SD Negeri 091524 PNP Tonduhan. Desain penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dengan bentuk One-Grup Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 091524 PNP Tonduhan yang berjumlah 20 siswa. Ada dua hipotesis dalam penelitian ini, (1) terdapat pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman di SD Negeri 091524 PNP Tonduhan (Ha) dan (2) tidak adanya Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman di SD Negeri 091524 PNP Tonduhan (H0). Pengumpulan data dilakukakan dengan memberikan soal pretest dan posttest. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel atau 22,26 > 1,73. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman di SD Negeri 091524 PNP Tonduhan. Ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pnj

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pande Nami Jurnal (PNJ) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel dalam bidang pendidikan dasar, kurikulum dan system pengelolaan pembelajaran di pendidikan dasar yang meliputi tematif integratif, serta kebijakan manajemen berbasis kelas di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), ...