Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengarun Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan di SD Negeri 091287 Panei Tongah. Desain penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dengan bentuk One-Grup Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 0912287 Panei Tongah yang berjumlah 23 orang. Karena populasi kurang dari 50 maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Ada dua hipotesis dalam penelitian ini, (1) ada pengaruh penerapan model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa kelas V pada subtema 2 pentingnya udara bersih bagi pernapasan di SD Negeri 091287 Panei Tongah (Ha), (2) tidak ada pengaruh penerapan model Make A Match terhadap hasil belajar siswa kelas V pada subtema 2 pentingya udara bersih bagi pernapasan di SD Negeri 091287 Panei Tongah (H0). Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes berupa soal pilihan berganda. Berdasarkan hasil analisis data statistik inferensial menggunakan uji t diketahui bahwa nilai t hitung sebesar 13,118. Pada taraf signifikansi signifikan maka diperoleh t tabel = 1,717. Maka diperoleh thitung > ttabel atau 13,118 >1,717. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar siswa kelas V pada subtema 2 pentingnya udara bersih bagi pernapasan di SD Negeri 091287 Panei Tongah. Ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak.
Copyrights © 2023