Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar belajar siswa pada subtema 1 bagaimana tubuh mengolah makanan di kelas V SD Negeri 095551 Siantar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif Quasi Experimental Design. Hasil analisis uji instrument diperoleh bahwa instrumen valid dan reliabel, selain itu dari hasil perhitngan analisis data diperoleh bahwa sampel berditribusi normal dan homogen. Hipotesis penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada subtema 1 bagaimana tubuh mengolah makanan di kelas V SD Negeri 095551 Siantar. Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji t maka dapat disimpulkan hipotesis diterima, yakni ????ℎ???????????????????? sebesar 6,7407 lebih besar dari pada ???????????????????????? yakni 1,699. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak terkait seperti guru,siswa serta para peneliti selanjutnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023