Pande Nami Jurnal (PNJ)
Vol. 1 No. 2 (2023): PNJ : Vol. 1 - No. 2 - OKTOBER 2023

PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 124400 PEMATANG SIANTAR

Mega Astria Silalahi (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)
Osco Parmonangan Sijabat (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)
Janwar Tambunan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara ice breaking dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri.124400 Pematang Siantar . Ada 2 hipotesis dalam penelitian ini yaitu Ada pengaruh antara ice breaking dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SD Negeri.124400 Pematang Siantar (Ha),dan tidak ada pengaruh antara ice breaking terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 124400 Pematang Siantar (Ho). Metode penelitian adalah Ex- post fakto yang bersifat korelasional yang bermaksud untuk menyelidiki pengaruh ice breaking (X) terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 24 orang, yaitu seluruh siswa kelas IV di SD Negeri.124400 Pematang Siantar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signitifikan antara pengaruh ice breaking terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 124400 Pematang Siantar dengan adanya data pengaruh Ice breaking dan hasil belajar murid dengan menggunakan yang diterapkan pada hipotesis, menyebutkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima sebagaimana ditujukkan dari hasil analisis thitung >t tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pengaruh Ice breaking terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 124400 Pematang Siantar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pnj

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pande Nami Jurnal (PNJ) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel dalam bidang pendidikan dasar, kurikulum dan system pengelolaan pembelajaran di pendidikan dasar yang meliputi tematif integratif, serta kebijakan manajemen berbasis kelas di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), ...