Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai karakter jujur, mandiri dan tanggung jawab dalam pelajaran IPS di kelas VI SD Negeri 122358 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dilengkapi dengan teknis analisis data meggunakan reduksi, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai karakter jujur, mandiri dan tanggung jawab dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas VI SD Negeri 122358 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2023/2024 diketahui melalui proses belajar mengajar di kelas dengan berpacu pada modul yang telah dibuat yang diawali dengan kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan penutup yang didalam proses belajar mengajar terselip nasehat dan motivasi, tidak mengharapkan bantuan dari orang lain dan juga siswa mampu mengerjakan tugas yang telah diberikan dengan baik dan tepat waktu dan dapat berbuat baik kepada siapapun serta mencerminkan karakter yang jujur, mandiri, dan bertanggungjawab.
Copyrights © 2024