Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media papan pintar yang menampilkan diagram untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SD pada pembelajaran IPA di SD Negeri Ujung Tebu III Ciomas Serang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima langkah: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara dengan guru kelas empat. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Ujung Tebu III Ciomas Serang, dengan 16 siswa yang berpartisipasi sebagai sampel. Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan, media papan pintar melalui serangkaian uji coba dan validasi oleh dua validator-ahli media dan ahli materi-dinilai layak dan efektif untuk digunakan. Media ini mendapat penilaian sangat baik (100%) dari ahli media, penilaian sangat baik (84%) dari ahli materi, dan penilaian sangat baik (92%, 80%, dan 84%) dari ketiga guru. Perhitungan menggunakan rumus N-gain untuk skor pre-test dan post-test menunjukkan nilai 0,77 (77,47%), dikategorikan tinggi dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPA di SD. Evaluasi pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 38,75%. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media smart board sebagai media pembelajaran layak dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pelajaran IPA, khususnya pada materi penggolongan hewan berdasarkan makanannya. Implikasi temuan ini menunjukkan bahwa mengintegrasikan media papan pintar dapat secara signifikan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pendidikan sains.
Copyrights © 2024