SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga
Vol. 5 No. 1 (2024): SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga

Pengaruh Modifikasi Permainan Bola Voli terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PJOK

Afirin Dwi Putri (Universitas Negeri Surabaya)
Andhega Wijaya (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2024

Abstract

Modifikasi permainan sangat penting dilakukan dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Modifikasi permainan dalam pembelajaran PJOK merupakan sebuah inovasi dan kebutuhan untuk menarik siswa dalam melakukan pembelajaran sehingga siswa dapat termotivasi dan proses pembelajaran lebih efektif dan efisien. Modifikasi permainan bola voli yang diadaptasi adalah kasvol, kolaborasi antara kasti dan voli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah penggunaan permainan bola voli yang dimodifikasi memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PJOK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan desain penelitian eksperimen semu dengan one group pre-test and post-test. Penelitian menggunakan 29 siswa kelas sebagai sampel. Hasil dari analisis data yang telah dilakukan peneliti menggunakan angket motivasi mendapatkan hasil rata-rata nilai pre-test 111,76 sedangkan hasil rata-rata nilai post-test sebesar 129,76. Signifikansi pre-test-post-test sebesar 0,00, Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini, modifikasi permainan bola voli dengan kasvol dapat memengaruhi motivasi belajar siswa. Modifikasi permainan bola voli dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PJOK dengan peningkatan rata-rata sebesar 18.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sprinter

Publisher

Subject

Physics Other

Description

SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga merupakan jurnal penelitian, kajian pustaka, dan review pada bidang pendidikan olahraga, ilmu olahraga, kepelatihan olahraga, dan pariwisata ...