Isu halal telah menjadi tren global yang ditandai oleh pertumbuhan industri halal yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Artikel ini bertujuan mengeksplorasi implikasi adanya sertifikasi halal terhadap industri di Indonesia khususnya halal food dan halal cosmetics. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang didukung oleh data literatur yang diperoleh dari jurnal, buku, majalah, ataupun media elektronik seperti website resmi Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia. Selain itu, data yang dijadikan bahan analisis diperoleh melalui wawancara dengan beberapa narasumber yang memiliki keterkaitan dengan industri halal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi halal memiliki implikasi yang positif dalam meningkatkan perkembangan industri halal di Indonesia. Demikian pula, sertifikasi halal membawa keuntungan khususnya bagi konsumen, pelaku usaha/produsen, dan pemerintah. Artikel ini menegaskan bahwa dengan adanya sertifikasi halal atas produk-produk yang beredar mampu meningkatkan permintaan pasar sehingga membawa industri halal unggul di dunia global. Keterbatasan artikel ini terletak pada objek yang dipilih yaitu halal food dan halal cosmetic sehingga masih dibutuhkan studi yang melihat objek industri halal secara lebih luas.
Copyrights © 2023