Penelitian bertujuan untuk: 1) mengkaji keterampilan menulis teks negosiasi sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis kegiatan dan model pembelajaran berbasis masalah siswa kelas X UPT SMK Negeri 3 Toraja Utara Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang dirancang secara pra eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X UPT SMK Negeri 3 Toraja Utara. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dengan cara diundi dan yang keluar jadi sampel yaitu X TKJ 1 dengan jumlah 30 orang, dan X TKJ 2 dengan jumlah 30 orang. Sehingga, jumlah seluruh sampel yang terpilih adalah 60 orang. Instrument dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja dalam bentuk lembar penugasan tes tertulis. Teknik pengumpulan data dilakukan sebanyak dua kali, yaitu pretest sebelum diberi perlakuan, dan postest setelah diberi perlakuan. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial analisis statistik inferensial dengn bantuan sistem perangkat lunak SPSS versi 22.0. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis kegiatan terhadap Keterampilan Menulis Teks Negosiasi adalah 58.93, dan nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan Menulis Teks Negosiasi adalah 59,27. 2) Nilai rata-rata siswa setelah menggunakan model pembelajaran berbasis kegiatan terhadap Keterampilan Menulis Teks Negosiasi adalah 85.30, dan nilai rata-rata siswa setelah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan Menulis Teks Negosiasi adalah 86,66. 3) Berdasarkan dari analisis data pada uji paired sample test manunjukkan pada model pembelajaran berbasis kegiatan memiliki nilai signifikansi 0.000 < 0.005 Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa, H0 ditolak dan H1 diterima. Dan Pada Model pembelajaran berbasis masalah memiliki nilai signifikansi 0.000 < 0.005, berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dari 2 model pembelajaran tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran berbasis kegiatan dan model pembelajaran berbasis masalah dalam keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X UPT SMK Negeri 3 Toraja Utara.
Copyrights © 2024