Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen
Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen

DIGITALISASI LAYANAN DAN FASILITAS PERPUSTAKAAN DALAM MEMPENGARUHI KEPUASAN PEMUSTAKA PADA PERPUSTAKAAN DAERAH KOTA SUKABUMI

Alhidayatullah Alhidayatullah (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Digitalisasi layanan dan fasilitas perpustakaan merupakan faktor yang dapat meningkatkan kepuasan pemustaka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digitalisasi layanan dan fasilitas perpustakaan terhadap kepuasan pemustaka. Data penelitian ini adalah pemustaka pada Perpustakaan Daerah Kota Sukabumi dengan populasi sebanyak 1.120. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan web.raosoft.com sample size dengan tingkat error sebesar 5% sehingga didapatkan sampel sebanyak 287 responden. Menyebarkan kuesioner adalah metode pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda sebagai metode analisisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi layanan dan fasilitas perpustakaan berpengaruh positif terhadap kepuasan pemustaka, dan pengaruhnya sebesar 60,9% sedangkan 39,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Variabel yang memiliki pengaruh dominan yaitu fasilitas perpustakaan, dengan pengaruhnya sebesar 49,9%. Adapun kontribusi dalam penelitian ini adalah memperluas literature manajemen pemasaran terkait digitalisasi layanan dan fasilitas perpustakaan dalam konteks organisasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jiim

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Pebruari - Agustus) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang Ilmu Manajemen. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian ilmu ...