The Indonesian Journal of Computer Science
Vol. 12 No. 3 (2023): The Indonesian Journal of Computer Science

Perspektif Penerima Pengetahuan untuk Penciptaan Pengetahuan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya

Chantika, Trievanni (Unknown)
Ihsan Jambak, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Dalam proses pembelajaran, penciptaan pengetahuan terjadi ketika seorang individu dapat menerima pengetahuan dari individu lain dan dapat menciptakan pengetahuan yang baru. Namun, proses tersebut terkadang tidak berjalan dengan baik, maka dibutuhkan suatu sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dengan mengetahui perspektif penerima pengetahuan dalam proses pembelajaran untuk penciptaan pengetahuan. Teori yang mendasari konstruk penelitian ini adalah Model SECI (Sosialisasi, Eksternalisasi, Kombinasi, Internalisasi). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 2.666 dan jumlah sampel 348 yang diperoleh menggunakan metode Stratified Random Sampling. Dalam menganalisis data, menggunakan teknik Rasch Model dan software Winstep. Hasil yang diperoleh adalah proses sosialisasi dan kombinasi merupakan faktor yang mempengaruhi penerima pengetahuan karena cenderung lebih mudah dilakukan dan banyak disetujui untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijcs

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

The Indonesian Journal of Computer Science (IJCS) is a bimonthly peer-reviewed journal published by AI Society and STMIK Indonesia. IJCS editions will be published at the end of February, April, June, August, October and December. The scope of IJCS includes general computer science, information ...