Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran berdiferensiasi berbasis kearifan lokal pada mata belajaran Bahasa Indonesia, yaitu menulis puisi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Fase D-1 yang berjumlah 30 orang. Hasil dalam penelitian ini didapatkan 3 kategori keterampilan menulis puisi pada siswa Fase D-1 MTsN Solok Selatan. Pertama, siswa berada pada kategori sangat terampil sebanyak 15 orang, dengan persentase 50% dengan nilai 91-100. Kedua, siswa berada pada kategori terampil sebanyak 10 orang, yaitu: dengan pesentase 33% dengan nilai 81-90. Ketiga, siswa berada pada kategori cukup terampil sebanyak 5 orang, yaitu dengan persentase orang (17%) dengan nilai 75-79, 5 orang (14%) dengan nilai 71-80. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa keseluruhan siswa sudah terampil menulis puisi dengan nilai di atas KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia, yaitu ≥75. Setelah menggunakan pembelajaran berdiferensiasi berbasis kearifan lokal siswa dapat menerapkan dan mencerna materi dengan sangat baik.
Copyrights © 2024