Jurnal Penelitian Multidisiplin Bangsa
Vol. 1 No. 1 (2024): Juni

Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Kearifan Lokal Dalam Menggali Potensi Munulis Puisi Siswa Fase D MTsN 5 Solok Selatan

Dian Sarmita (STKIP Widyaswara Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran berdiferensiasi berbasis kearifan lokal pada mata belajaran Bahasa Indonesia, yaitu menulis puisi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Fase D-1 yang berjumlah 30 orang. Hasil dalam penelitian ini didapatkan 3 kategori keterampilan menulis puisi pada siswa Fase D-1 MTsN Solok Selatan. Pertama, siswa berada pada kategori sangat terampil sebanyak 15 orang, dengan persentase 50% dengan nilai 91-100. Kedua,  siswa berada pada kategori terampil sebanyak 10 orang, yaitu: dengan pesentase 33% dengan nilai 81-90. Ketiga, siswa berada pada kategori cukup terampil sebanyak 5 orang, yaitu dengan persentase orang (17%) dengan nilai 75-79, 5 orang (14%) dengan nilai 71-80.  Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa keseluruhan siswa sudah terampil menulis puisi dengan nilai di atas KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia, yaitu ≥75. Setelah menggunakan pembelajaran berdiferensiasi berbasis kearifan lokal siswa dapat menerapkan dan mencerna materi dengan sangat baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpnmb

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian Multidisplin Bangsa published every month (12 times a year), contains the publication of the student final assignment research, research students and lecturers in the field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, Economics, Health, Farm, Food, ...