Jurnal Penelitian Multidisiplin Bangsa
Vol. 1 No. 2 (2024): Juli

Meningkatkan perkembangan Kognitif Anak Kelompok B dalam Mengenal Warna dengan Permainan Eksplorasi di TK Nurul Ikhlas Jorong Kayu Aro Nagari Aie Dingin Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok

Mutiara Dewi (STKIP Widyaswara Indonesia, Indonesia)
Yesni Yenti (STKIP Widyaswara Indonesia, Indonesia)
Lili Ratnasari (STKIP Widyaswara Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2024

Abstract

Kurangnya kemampuan guru dalam mengelola proses belajar mengajar, sehingga berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B dalam mengenal warna di TK Nurul Ikhlas Jorong Kayu Aro Nagari Aie Dingin Kabupaten Solok. Penelitian ini dilakukan karena perkembangan anak dalam mengenal warna, yaitu menunjuk, menyebutkan, dan mengelompokkan warna belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan permainan eksplorasi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 20 orang. Objek penelitian ini adalah penilaian aktivitas guru dalam mengelola proses pembelajaran dan perkembangan kognitif anak dalam mengenal warna. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Indikator keberhasilan yang ditetapkan, yaitu jika > 75% aktivitas guru dan perkembangan anak yang diperoleh dengan kriteria baik dan sangat baik. Penelitian dilakukan dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Peningkatan aktivitas guru dan perkembangan kognitif anak sesuai dengan indikator keberhasilan tercapai pada siklus II pertemuan II. Penilaian aktivitas guru 96%. Perkembangan kognitif anak, indikator menunjukkan warna 80%, menyebutkan warna 75%, dan mengelompokkan warna 80%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas ini dengan permainan eksplorasi berhasil meningkatkan perkembangan kognitif anak dalam mengenal warna.)

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpnmb

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian Multidisplin Bangsa published every month (12 times a year), contains the publication of the student final assignment research, research students and lecturers in the field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, Economics, Health, Farm, Food, ...