Penelitian ini berawal dari penyebaran virus Covid-19 yang menyebabkan sistem pendidikan yang awalnya segala proses pembelajaran dilakukan secara tatap muka berubah menjadi model pembelajaran blended learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model blended learning pada mata kuliah gambar bestek bangunan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian desktiptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2020 yang telah melaksanakan mata kuliah gambar bestek bangunan dengan model blended learning sebanyak 32 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menyebar angket penelitian berupa link yang dibuat pada Google Form yang selanjutnya dibagikan melalui Whatsapp. Teknik analisis data pada penelitian ini adalahh verifikasi data dan analisis deskriptif dengan menggunakan Microsoft Office Excel dan SPSS versi 17.0. Berdasarkan hasil penelitian Efektivitas Model Blended Learning pada Mata Kuliah Gambar Bestek Bangunan termasuk cukup efektif dengan Derajat Pencapaian (DP) dari dua indikator sebesar 71,35%. Hal ini berarti tingkat efektivitas pada proses pembelajaran pada mata kuliah gambar bestek bangunan dinilai cukup efektif dengan menggunakan model blended learning.
Copyrights © 2022