Journal of Civil Engineering and Vocational Education
Vol. 9 No. 3 (2022): September 2022

The Effectiveness of Learning with Blended Learning Model in The Specification Bulding Drawing Course

Aguva, Diviana (Unknown)
Body, Revian (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini berawal dari penyebaran virus Covid-19 yang menyebabkan sistem pendidikan yang awalnya segala proses pembelajaran dilakukan secara tatap muka berubah menjadi model pembelajaran blended learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model blended learning pada mata kuliah gambar bestek bangunan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian desktiptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2020 yang telah melaksanakan mata kuliah gambar bestek bangunan dengan model blended learning sebanyak 32 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menyebar angket penelitian berupa link yang dibuat pada Google Form yang selanjutnya dibagikan melalui Whatsapp. Teknik analisis data pada penelitian ini adalahh verifikasi data dan analisis deskriptif dengan menggunakan Microsoft Office Excel dan SPSS versi 17.0. Berdasarkan hasil penelitian Efektivitas Model Blended Learning pada Mata Kuliah Gambar Bestek Bangunan termasuk cukup efektif dengan Derajat Pencapaian (DP) dari dua indikator sebesar 71,35%. Hal ini berarti tingkat efektivitas pada proses pembelajaran pada mata kuliah gambar bestek bangunan dinilai cukup efektif dengan menggunakan model blended learning.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CIVED

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Engineering Environmental Science Transportation

Description

CIVED Is a periodical scientific journal published three times a year, in March, June and September by the Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, Padang State University. The CIVED journal is a medium for publishing the results of scientific research by students, academics, ...