Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)
Vol. 4 No. 4 (2023)

Social education anti bullying: Menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman

Rahmawati (Unknown)
Fajarrudin, Mohamad (Unknown)
Janan, Muhammad Fathul (Unknown)
Shafaroh, Thiyah Windiari (Unknown)
Aryawicaksana, Nauvrenaldo (Unknown)
Akbar, Fahrul (Unknown)
Isnaini, Rizkia Nur Intan Dewi (Unknown)
Halimah, Faridatul (Unknown)
Ramalda, Nauval (Unknown)
Sholekha, Imroatus (Unknown)
Cahyani, Farsya Aprilia Eka (Unknown)
Saputra, Fany Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2024

Abstract

Bullying, tindakan agresif yang meresahkan, memiliki ciri berulang dan dilakukan dengan tujuan jahat. Ini merupakan perilaku yang dapat menyakiti, merendahkan, atau mendiskriminasi individu lain, baik secara fisik, verbal, maupun emosional. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah sosialisasi anti bullying pada anak-anak sekolah dasar untuk mencegah tindakan bullying yang terjadi. Sehingga suasana belajar dapat kondusif dan anak-anak dapat belajar dengan nyaman. Hasilnya adalah anak-anak semakin paham apa itu bullying setelah diputarkan film pendek tentang bullying yang tampak sangat realistis dan betapa merusak mental bullying tersebut. Selain itu, kampanye kesadaran, intervensi dini, teknologi yang digunakan dengan bijak, pembelajaran tentang empati, dan penanganan akar masalah pelaku perundungan juga menjadi aspek penting dalam upaya melawan perundungan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JP2M

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) dengan nomor registrasi ISSN 2721-5156 (cetak) 2721-5148 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmu yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Malang. Jurnal Ini mencakup banyak masalah secara umum ...