Jurnal Masyarakat Madani Indonesia
Vol. 3 No. 3 (2024): Agustus

Membangun Kapasitas Digital Guru di Jawa Tengah Melalui Pengembangan Kompetensi Produksi Media Pembelajaran

Ghanis Putra Widhanarto (Universitas Negeri Semarang)
Haryono Haryono (Universitas Negeri Semarang)
Heri Triluqman Budisantoso (Universitas Negeri Semarang)
Edi Subkhan (Universitas Negeri Semarang)
Basuki Sulistio (Universitas Negeri Semarang)
Yuli Utanto (Universitas Negeri Semarang)
Seftia Kusumawardani (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2024

Abstract

Media pembelajaran digital menjadi tren saat ini sehingga guru harus memiliki kompetensi dalam pengembangan media pembelajaran berbasis digital. Namun, di Jawa Tengah khususnya belum keseluruhan guru memiliki kemampuan dalam mengembangkan media sebagai alat bantu dalam membangun proses pembelajaran bermakna. Pengabdian ini bertujuan untuk memfasilitasi guru di Jawa Tengah dalam mengembangkan keterampilan pengembangan media pembelajaran digital. Metode pengabdian melalui pelatihan dan pendampingan dipilih untuk memberikan materi terkait perancangan dan pengembangan media digital berbasis aplikasi android. Pengabdian dilakukan dalam kurun waktu 6 hari dengan skema 2 hari pemberian materi secara daring dan 4 hari dilakukan pendampingan kepada peserta pelatihan. Sebanyak 1044 peserta yang merupakan guru di wilayah Provinsi Jawa Tengah ikut serta dalam program pelatihan tersebut. Hasilnya sebanyak 75% peserta berhasil mengembangkan media pembelajaran digital berbasis aplikasi android.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JS

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal ini berfokus pada penelitian dan program keterlibatan akademisi-komunitas untuk memajukan teori, penelitian, dan praktik yang berguna bagi masyarakat. Selain mengenal semua istilah filosofis di lapangan, yaitu community engagement, development, empowerment, dan service, kami juga menyambut ...