Action Research Literate (ARL)
Vol. 8 No. 3 (2024): Action Research Literate

Pengaruh Metode Membaca Al Quran terhadap Kemampuan Membaca Al Quran pada Mahasiswa

Wahyuni, Afidah (Unknown)
Hidayati, Nurul (Unknown)
Muzayyana Agustin, Fenty Eka (Unknown)
Nuriyah, Nuriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini, untuk memperoleh data tentang kemampuan baca al Quran mahasiswa serta perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan baca al Quran antara metode iqra’, tilawati, dan sistem 10 jam. Pendekatan penelitian ini meggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya, quasi experimental. Disain penelitiannya, nonequevalent posttest only control design; 2 kelompok eksperimen dengan metode iqra’ berjumlah 9 orang, dengan metode tilawati berjumlah 11 orang. Kemudian kelompok kontrol dengan metode sistem 10 jam berjumlah 6 orang. Pembelajaran diberikan secara online via zoom sebanyak 12 kali dalam 4 bulan, dengan pengajar 3 orang. Hasil penelitian ini, diterimanya hipotesis peneliti (H0) dikarenakan Asymp.Sig. sebesar 0.04 pada uji kruskal wallis < 0,05. Dengan demikian metode baca al Quran yaitu metode iqra’ dan metode tilawati dapat digunakan di kalangan mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kedua metode ini bermanfaat bagi para pembimbing baca al Quran yang selama ini sulit atau bingung dalam memilih metode al Quran mana yang tepat. Hal ini terkait dengan beban berat yang menjadi tanggung jawab para dosen yang memegang amanah nama ‘Islam’pada nama Perguruan Tinggi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arl

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences

Description

Action Research Literate is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published biannual by Syntax Corporation Indonesia. Development of the company make the this Journal is transferred management to the Ridwan Institute which became the part of of ...