Jurnal Inovasi Global
Vol. 2 No. 7 (2024): Jurnal Inovasi Global

Kompetensi Profesional Guru Dalam Pelaksanaan Kegiatan Evaluasi Pembelajaran Fiqih Dikelas Vii Madrasah Tsanawiyah Nahdhatul Muslimat Surakarta

Kusumawati, Rani (Unknown)
Sari, Fani Rahma (Unknown)
Nurlathyfa, Aulia (Unknown)
Hidayah, Ni’matul Fitriya Al (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2024

Abstract

Kompetensi guru merupakan keahlian, kemampuan, serta keterampilan yang harus dimiliki oleh guru dalam perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajaran. Dalam proses evaluasi, guru yang professional akan menggunakan metode evaluasi yang sesuai agar tidak terjadi kesalahan dalam melakukan penilaian terhadap hasil belajar siswa. Disini Kami melakukan penelitian pada sekolah menengah pertama di MTs NDM Surakarta, untuk mendeskripsikan tentang Proses Pelaksanaan Evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru di MTs NDM Surakarta serta mengetahui lebih dalam tentang kompetensi guru dalam menyiapkan rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan melakukan evaluasi pembelajaran.. Analisis data sesuai dengan tujuan penelitian adalah: guru sudah memiliki kompetensi yang baik dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran sehingga hasil belajar yang di peroleh di sekolah ini juga meningkat. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif, data di peroleh dengan wawancara salah satu guru di MTs NDM Surakarta. hasil  penelitian  kualitatif  dapat  bersifat  temuan  potensi  dan masalah, keunikan objek, makna suatu peristiwa, proses dan interaksi sosial, kepastian kebenaran data, konstruksi fenomena, temuan hipotesis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

rv

Publisher

Subject

Astronomy Education Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Global is an national /scientific journal, double-blind peer-reviewed, open acces journal published monthly by CV Riviera Publishing. Jurnal Inovasi Global provides a means for ongoing discussion of relevant issues that fall within the focus and scope of the journal that can be ...