Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat media pembelejaran, melakukan analisis kelayakan, dan melakukan analisis tentang tanggapan guru dan siswa. Model pengembangan ADDIE digunakan. Ini memiliki lima tahapan: Analyze (menganalisis), Design (mendesain), Develop (mengembangkan), Implement (mengimplementasikan), dan Evaluate. Subjek uji produk ialah peserta didik kelas X MA Sabilul Muttaqien. Hasil dari penelitian diantaranya: 1) dikembangkan dengan aplikasi canva dan menggunakan model pengembangan ADDIE; 2) rata-rata skor persentase validasi ahli materi dan ahli media Biomagazine dengan hasil validasi ahli materi 92% dan validasi ahli media 70% yang berarti ada pada kriteria sangat layak; 3) uji coba respon guru dan peserta didik rata-rata mendapatkan skor presentase dengan uji coba respon guru mendapatkan skor sebesar 55% dan skor uji coba respon peserta didik mendapatkan 57% yang berarti ada pada kriterian layak untuk membuktikan bahwa Biomagazine Keanekaragaman Hayati Berbasis Potensi Lokal dapat meningkatkan motivasi peserta didik; 4) uji keefektifan membuktikan bahwa Biomagazine keanekaragaman hayati berbasis potensi lokal dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Copyrights © 2024