Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 6, No 3 (2024)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII PADA MATERI POLUSI AIR

Lifta Nurfajria (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Suroso Mukti Leksono (Pendidikan IPA, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Adi Nestiadi (Pendidikan IPA, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2024

Abstract

Pengetahuan siswa yang minim mengenai konsep pembelajaran IPA menyebabkan kesulitan dalam merepresentasikan permasalahan fenomena alam yang sedang dibahas sehingga menjadikan rendahnya berpikir secara kritis siswa dalam menyelesaikan masalah yang sedang dibahas. Adanya model pembelajaran yang interaktif dapat menjadi solusi dari permasalah tersebut. Dalam Penelitian ini memiliki tujuan guna menganalisis pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) dalam mengembangkan tingkat berpikir kritis siswa kelas VII pada Materi Polusi Air. Penelitian ini memakai metode berupa Quasy Experiment yang dilaksanakan oleh siswa kelas VII di salah satu SMP Kota Serang melalui instrumen tes sebanyak 10 soal berbentuk uraian yang telah melalui tahap validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen memakai model pembelajaran GI dan kelas kontrol memakai PBL, dimana keduannya memperoleh terdistribusi normal namun tidak homogen. Kemudian dilaksanakan pengujian hipotesis melalui perhitungan Independent Sample T-Test berdasarkan nilai N-Gain mendapatkan H1 diterima dan H0 ditolak dalam artian adanya pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII pada materi Polusi Air dengan hasil perhitungan mendapatkan besar rhitung sig (2-tailed) yaitu 0,001 rtabel sebesar 0,05.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eduproxima

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan ...