Pembelajaran IPA saat ini harus mencerminkan pembelajaran abad 21 dimana salah satu keteramilan dasar yang harus dimiliki adalah komunikasi. Bentuk komunikasi yang dapat diterapkan pada pembelajaran IPA di SMP adalah argumentasi ilmiah yang memuat 4 indikator yaitu claim, data, reasoning, dan rebuttal. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan media pembelajaran yang mendukung peningkatan argumentasi ilmiah, salah satunya yaitu E-LKPD berbasis socio-scientific issue yang mendorong siswa untuk saling berpendapat dan menunjukkan sejauh mana pemahaman konsep ilmiah yang mereka kuasai terkait materi yang didasarkan pasa isu-isu sosial kontroversial. Jenis penelitian ini adalah reaserch development yang menerapkan model ADDIE dengan tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifam media pembelajaran E-LKPD berbasis socio-scientific issue untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa E-LKPD memiliki persentase validitas sebesar 86,45%, dengan kategori sangat valid. Persentase kepraktisan E-LKPD sebesar 84,95%, menunjukkan kategori sangat praktis. Penilaian efektivitas E-LKPD dengan nilai n-gain sebesar 6,1 menempatkannya dalam kategori sedang. Analisis respon siswa menghasilkan persentase sebesar 82,24%, yang diklasifikasikan sebagai kategori sangat baik. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa produk yang dihasilkan dari penelitian ini layak untuk dijadikan salah satu media pembelajaran IPA guna meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa.
Copyrights © 2024