Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (JHP2M)
Vol. 2 No. 2 (2023): Volume 02 Nomor 02 (Oktober 2023)

MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PERKALIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD INPRES BONTOBILA

Nur Rezky Ramadhan (Universitas Bosowa)
Restu Januarty Hamid (Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2023

Abstract

Berdasarkan hasil observasi peneliti di SD Inpres Bontobila metode ceramah masih digunakan oleh guru dalam pembelajaran matematika sehingga siswa memiliki rasa bosan dan merasa kurang bersemangat untuk ikut dalam proses pembelajaran. Dari 16 siswa-siswi yang mengikuti penelitian, hanya 31,75% yaitu 5 siswa yang hasil belajarnya melebihi satuan minimal yang ditentukan dari sekolah. Melaksanakan  proses pembelajaran menggunakan tindakan kelas peneletian. Disini peneliti berperan menjadi pendidik yang terus ikut selama perencanaan, pelaksanaan, observasi maupun refleksi. Temuan dari siklus 1 menunjukkan bahwa pekerjaan pendidik sudah bagus, tetapi masih punya kesenjangan yang perlu dibenahi, keterlibatan siswa belum cukup optimal, dan 9 anak dengan klasikal memiliki nilai penilaian belajar siswa yang mencapai kesempurnaan 56,25%. Siklus dua menunjukkan pekerjaan pendidik telah membaik, kekurangan terdapat di siklus 1 telah tertutupi, siswa menjadi rajin melaksanakan proses belajar mengajar, serta 14 siswa mencapai kesempurnaan dengan persentase klasikal 87,5%. . Pencapaian  belajar meningkat dari 56,25% menjadi 87,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwasanya implementasi media piringan reproduksi pada materi reproduksi berdampak positif terhadap pengembangan pencapaian belajar siswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JHP2M

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Education for ...