PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol. 2 No. 03 (2024): MEI 2024

ANALISIS DIGITAL MARKETING DALAM PENGEMBANGAN UMKM WARUNG DANGKITA, SAMARINDA

Nita Priska Ambarita (Universitas Mulawarman)
Ryaas Azkanaufal Ramadhan (Universitas Mulawarman)
Ramadhan Putra Pratama (Universitas Mulawarman)
Taufik Hidayat (Universitas Mulawarman)
Muhammad Naufal Aflah Alfafa (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2024

Abstract

(Kemajuan pesat teknologi digital telah mempengaruhi berbagai sektor ekonomi, termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Artikel pengabdian masyarakat ini menganalisis peran dan efektivitas pemasaran digital dalam pengembangan Warung Dangkita, sebuah UMKM yang berlokasi di Samarinda. Pengabdian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran digital utama yang dapat meningkatkan visibilitas, keterlibatan pelanggan, dan pertumbuhan keseluruhan Warung Dangkita. Temuan awal menunjukkan bahwa integrasi platform media sosial, optimasi mesin pencari (SEO), dan iklan online yang ditargetkan telah meningkatkan lalu lintas pelanggan dan penjualan. Selain itu, pengabdian ini menyoroti tantangan seperti literasi digital yang terbatas dan kebutuhan untuk terus beradaptasi dengan tren digital yang berubah. Artikel ini menyimpulkan dengan rekomendasi praktis bagi UMKM untuk memanfaatkan alat pemasaran digital secara efektif, sehingga mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan di pasar yang kompetitif di Samarinda.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Energy Engineering Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Pekat PKM: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Pekat, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...