Masyarakat mengalami perubahan habit atau kebiasaan di bidang pendidikan, konsumerisme dan tekhnologi. Dimana saat ini menggunakan jejaring internet yang canggih dan memudahkan masyarakat namun tetap memberikan kenyaman dan meminimalisir terjangkitnya virus korona. Di era new normal, saat ini sektor kesenian menjadi terangkat kembali dengan menggunakan media sosial dalam memasarkan produknya. Dengan belanja online maka masyarakat juga harus mengetahui financial technology, yaitu melakukan pembayaran atas barang yang dibeli hanya dengan menggunakan handphone selular. Namun penggunaan media social ini belum dipahami oleh banyak lapisan masyarakat di Indonesia, terutama pada usia lanjut dan tua. Oleh karena itu, pentingnya dilakukan pelatihan informasi cara menggunakan media digital dan media social yang tepat dan benar agar memudahkan para usia lanjut mengembangkam potensinya di bidang UMKM. Pelatihan dan sosialisasi mengenai makanan khas Betawi khususnya jajanan pasar bisa menjadi solusi bagi UMKM terutama UMKM daerah Joglo, yang menjadi target yang diinginkan.
Copyrights © 2024