GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol 2 No 01 (2024): FEBRUARI 2024

PENDAMPINGAN OPTIMALISASI BUDAYA LITERASI SISWA DALAM MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA DAN MENULIS DI SMA NEGERI 1 SRONO BANYUWANGI

Hikmah, Siti Nur Afifatul (Unknown)
Masruroh, Handariyatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2024

Abstract

Literasi merupakan langkah awal dalam proses pengembangan, inovasi, dan pembelajaran keterampilan dasar. Adapun tujuan budaya literasi yaitu ketika siswa membaca dengan bebas atau karena pilihan, mereka membaca dengan hati. Siswa yang terbiasa membaca akan terus mempertahankan kebiasaan itu. Sekolah merupakan lembaga yang bertanggung jawab menciptakan budaya membaca dan menulis yang merupakan bagian penting dalam kegiatan pembelajaran. Adapun pendekatan Asset Based Community Development (ABCD). Tujuan penelitian menggunakan metode ABCD ini yaitu sebagai upaya dalam meningkatkan siswa berliterasi membaca dan menulis. Metode pendampingan ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD) menjadi salah satu metode strategi pelaksanaan pengembangan di lingkungan sekolah. Bagi siswa, literasi di sekolah merupakan hal yang positif. Keterampilan membaca dan menulis yang baik memungkinkan siswa memahami pengetahuan yang diberikan serta pengetahuan yang diterimanya, baik dalam format lisan, tulisan, maupun visual.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Religion Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Gembira: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Gembira, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...