GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol 2 No 03 (2024): JUNI 2024

PEMBUATAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PERJALANAN DINAS DAN PENGELOLAAN PERTANGGUNG JAWABAN MARKETING AND SALES PT XYZ

Sarah, Ira Siti (Unknown)
Dermawan, Fasya Nurjihaan Aqiilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2024

Abstract

Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah instruksi tertulis mengenai proses pelaksanaan kegiatan organisasi, mencakup cara, waktu, lokasi, dan pelaku yang bertanggung jawab. SOP digunakan sebagai pedoman pekerjaan. Proses pengajuan perjalanan dinas dan pengelolaan pertanggung jawaban seringkali tidak efektif karena staf kurang memahami alur proses, adanya nota yang hilang, dan frekuensi perjalanan dinas yang tinggi. Hal ini terjadi karena kurangnya panduan di Divisi Marketing and Sales. Proyek ini bertujuan membuat SOP untuk pengajuan perjalanan dinas dan pengelolaan pertanggung jawaban di divisi tersebut. Informasi diperoleh melalui wawancara dan observasi staf Administrasi Marketing and Sales. Metode waterfall digunakan dengan tahapan analisis, perancangan sistem, implementasi, dan testing. Keberhasilan diukur dengan System Usability Scale menggunakan kuesioner dan skala likert. Hasil proyek adalah SOP untuk pengajuan perjalanan dinas dan pengelolaan pertanggung jawaban Divisi Marketing and Sales.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Religion Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Gembira: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Gembira, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...