Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 4, No 2 (2015)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PRAKTIKUM BERORIENTASI LINGKUNGAN PENUNJANG PEMBELAJARAN IPA SMP SESUAI KURIKULUM 2013

Putu Subamia, I Dewa (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat praktikum berorientasi lingkungan pada mata pelajaran IPA SMP sesuai kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan oleh Borg dan Gall, yang dapat dibagi menjadi tiga tahap, yaitu: studi pendahuluan, studi pengembangan, dan uji produk. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan kuantitatif menggunakan angket. Subjek pada penelitian ini adalah ahli, guru, dan siswa. Guru dan siswa yang dijadikan sampel pada uji coba adalah guru IPA dan siswa SMPN 2 Singaraja. Hasil pengujian menunjukkan bahwa perangkat praktikum yang dikembangkan termasuk kriteria valid. Skor rata-rata uji keterbacaan pada uji coba terbatas termasuk kriteria sangat valid. Pada uji coba terbatas dan luas hampir seluruh siswa memberi respon positif terhadap pemanfaatan perangkat praktikum yang dikembangkan. Guru memberi respon positif terhadap perangkat praktikum berorientasi lingkungan, baik dari segi kemudahan mempersiapkan maupun mengimplementasikannya. Disimpulkan bahwa perangkat praktikum berorientasi lingkungan yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria relevan dan mudah digunakan.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia [p-ISSN: 2303-288X (print) and e-ISSN: 2541-7207 (online)] is a peer-reviewed journal published by the Research and Community Service Institute of Universitas Pendidikan Ganesha since 2012. JPI is an integrated media for ongoing communication related to significant new ...