Dharmas Education Journal (DE_Journal)
Vol 1 No 2 (2020): Desember

PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH FUNGSI KUADRAT DI KELAS X

Roulina, Roulina (Unknown)
Tambunan, Hardi (Unknown)
Simbolon, Lolyta Damora (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh Pembelajaran Berbasis Projek terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X, (2) untuk mengetahui besar pengaruh Pembelajaran Berbasis Projek terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X, (3) mengetahui pengaruh Pembelajaran Berbasis Projek terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X, (4) untuk mengetahui besar pengaruh Pembelajaran Berbasis Projek terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X, (5) mengetahui Pembelajaran Berbasis Projek efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X, (6) mengetahui Pembelajaran Berbasis Projek efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan Jl. Jambi No. 23D, Pandau Hilir, Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20233. Jenis  Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode ekperimen semu (quasi eksperiment). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan lembar observasi kemudian dianalisis statistik inferensial dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :  Pembelajaran Berbasis Projek berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsepdan pemecahan masalah pada materi fungsi kuadrat di kelas X. besar pengaruh pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X sebesar 0,164%.  besar pengaruh pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X sebesar 0,210%. efektivitas Pembelajaran Berbasis Projek terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah pada materi fungsi kuadrat di kelas X adalah baik

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

de_journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Other

Description

DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta berbagi perkembangan ilmu tentang pendidikan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah ...