Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X di SMK Nusantara Tanah Jawa Tahun Ajaran 2024/2025. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Kualitas instrumen penelitian untuk angket dan prestasi belajar siswa dinilai melalui uji validitas dan reabilitas. Seluruh data dari ketiga variabel diatas terlebih dahulu diuji apakah berdistribusi normal atau tidak dengan menggunkan uji kecocokan atau uji chi kuadrat dan ternyata ketiga variabel tersebut berdistribusi normal. Adapun koefisien pengaruh yang diperoleh adalah sebagai berikut : (1) Koefisien kontribusi Y atas X1 sebesar 76,49 % (2) Koefisien kontribusi Y atas X2 sebesar 40,22 % (3) Koefisien kontribusi X1 atas X2 sebesar 50,73% (4) Koefisien kontribusi Y atas X1 dan X2 sebesar 55,81%.Berdasarkan uji hipotesis yaitu uji signifikan pengaruh (Uji t) dengan menolak H0 dan menerima H1 maka diperoleh :Pengaruh antara Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X di SMK Nusantara Tanah Jawa Tahun Ajaran 2024/2025 adalah “sangat kuat” (3,07).Pengaruh antara Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X di SMK Nusantara Tanah Jawa Tahun Ajaran 2024/2025 adalah “sangat kuat” (2,68). Pengaruh antara Keterampilan Mengajar Guru dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X di SMK Nusantara Tanah Jawa Tahun Ajaran 2024/2025 adalah “sangat kuat” (3,01)
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025