Penelitian ini bertujuan Mendeskripsikan pengaruh metode parenting terhadap pengembangan kecerdasan emosional anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian ekperimen semuĀ  dengan desain pretest dan posstest nonequivalent group design. Populasi penelitian ini adalah siswa pendidikan anak usia di (PAUD) di Kecamatan Pringgasela. Sampel penelitian diambil secara acakĀ  dengan 2 langkah: 1) memilih 4 (empat) PAUD dari 41 PAUD yang ada di Kecamatan Pringgasela, dan 2) memilih 2 (dua) PAUD secara Acak untuk di terapkan menggunakan metode parenting, dan 2 (dua) PAUD untuk diterapkan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrument penelitian ini adalah angket kecerdasan emosional. Data dianalis dengan t-test pada taraf signifikansi 5%. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode parenting terhadap perkembangan kecerdasan emosional anak usia dini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023