Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini untuk mengatahui Internalisasi Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang efektifitas promosi pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitras promosi pendidikan merupakan suatu kegiatan atau aktifitas yang mengacu pada sejauh mana upaya promosi yang dilakukan untuk memasarkan institusi pendidikan atau program pendidikan, sedangkan, efisiensi promosi pendidikan adalah upaya untuk menggunakan sumber daya secara optimal dalam kegiatan promosi pendidikan guna mencapai tujuan tertentu, seperti meningkatkan kesadaran, minat, dan partisipasi dalam program atau institusi pendidikan. Hal ini mencakup strategi dan taktik untuk memaksimalkan dampak promosi dengan biaya seminimal mungkin, termasuk penggunaan media sosial, iklan, kampanye informasi, dan kolaborasi dengan pihak-pihak terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi yang melibatkan interaksi langsung, seperti pengumuman di kelas dan presentasi di aula, ataupun melalui promosi beasiswa saat di tawarkan ke sekolah lebih efektif daripada promosi yang hanya mengandalkan media digital atau cetak. Implikasi praktis dari penelitian ini menyoroti pentingnya interaksi langsung dalam mencapai tujuan promosi di lingkungan sekolah. Promosi bertujuan untuk mempengaruhi calon siswa untuk bisa melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, promosi juga bertujuan untuk memotivasi siswa bahwa pentingnya sebuah pendidikan di era globalisasi sekarang ini serta menjadi sarana untuk membangun hubungan antara siswa, masyarakat dan lembaga pendidikan.
Copyrights © 2024