ABSTRAKDalam proses pembelajaran di sekolah dasar selalu dijumpai siswa-siswa yang mengalami kesulitan belajar, baik dalam membaca, menulis, dan berhitung. Tingkat kesulitan yang ditemui beragam, ada yang ringan, sedang, dan ada pula yang kesulitannya cukup berat. Adanya kesulitan dalam membaca akan menghambat dalam menangkap pesan-pesan tulisan. Padahal semua mata pelajaran idenya disampaikan melalui tulisan.Dengan adanya kesulitan membaca tersebut, maka akan berdampak pada penggunaan mata pelajaran yang diberikan di sekolah, salah satunya berwujud prestasi belajar rendah, dan kemungkinan tinggal kelas yang cukup besar. Keadaan seperti ini perlu difikirkan alternatif penyelesaiannya melalui kegiatan penelitian bimbingan belajar membaca bagi siswa yang berprestasi rendah. Untuk dapat melaksanakan bimbingan belajar membaca maka permasalahan diarahkan pada: (1) faktor-faktor apa yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar membaca, (2) bagaimana karakteristik siswa yang berkesulitan membaca, (3) dan bagaimana jenis, tingkat serta bentuk kesulitan membacanya. Berdasarkan kenyataan; (1) perlunya tenaga bimbingan di sekolah dasar yang professional. Permasalahan siswa tidak hanya masalah belajar, tetapi juga masalah psikologis, (2) penanganan siswa berkesulitan belajar belum memperoleh layanan yang optimal. Hal ini disebabkan guru-guru belum memahami tentang siswa berkesulitan belajar secara benar. Kata Kunci: Bimbingan Belajar, Kesulitan Membaca
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016