Jurnal Suloh
Vol 8, No 1 (2023): Juni 2023

Analisis Capaian Tugas Perkembangan Siswa dan Implikasinya Terhadap Program Layanan Bimbingan dan Konseling (Studi Terhadap Siswa SMAN 3 Banda Aceh)

Zuhra, Fadhila (Unknown)
Martunis, Martunis (Unknown)
Nasution, Jamilah Aini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Tugas perkembangan adalah tugas-tugas yang harus diselesaikan individu pada periode kehidupan tertentu; dan apabila berhasil mencapainya mereka akan berbahagia, tetapi sebaliknya apabila mereka gagal akan mengalami hambatan dan kesulitan pada periode berikutnya. Penelitian ini berjudul Analisis Capaian Tugas Perkembangan Siswa Dan Implikasinya Terhadap Program Layanan Bimbingan Dan Konseling (Studi Terhadap Siswa SMAN 3 Banda Aceh), bertujuan untuk melihat bagaimana capaian tugas perkembangan peserta didik di SMAN 3 Banda Aceh dan pengembangan dalam program layanan Bimbingan dan Konseling. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif deksriptif. Populasi berjumlah 900 siswa namun untuk jumlah sampel penelitian adalah 100 orang siswa. Jenis teknik analisis data adalah Analisis statistik deskriptif dan analisis tugas perkembangan. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa capaian tugas perkembangan siswa/siswi SMA Negeri 3 Banda Aceh berada pada tingkat seksama (Ska), dilihat dari nilai rata-rata capaian tugas perkembangan secara keseluruhannya yaitu 4.61. Adapun aspek-aspek yang berada dibawah skor rata-rata kelompok diantaranya adalah Landasan Hidup Religius, Kematangan Emosional, Kematangan Intelektual, Kemandirian Perilaku Ekonomi, Wawasan dan Persiapan Karir. Aspek tugas perkembangan yang masih kurang memerlukan bantuan guru bimbingan dan konseling melalui bimbingan kelompok dan bimbingan klasikal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

suloh

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences Other

Description

Jurnal Suloh is an open access journal by the Department of Guidance and Counseling, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia. The journal presents research and development in the field of Guidance and Counselling In School and Outside School, ...