Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru BK dalam mencegah perilaku menyimpang siswa di SMK Kota Takengon. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, subjek penelitian yaitu 8 guru Bimbingan Konseling yang berada di SMK 1, SMK 2 dan SMK 3 Kota Takengon. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa upaya guru bimbingan konseling dalam mencegah perilaku menyimpang siswa sudah dilakukan dengan baik dan dari upaya tersebut sudah mendapatkan hasil yang cukup baik. Strategi guru BK dalam mencegah perilaku menyimpang siswa di SMK Kota Takengon adalah dengan cara: 1) Upaya memberikan peringatan kepada siswa, 2) Upaya memberikan bimbingan individu, 3) Upaya memberikan bimbingan kelompok, 4) Upaya memberikan bimbingan klasikal dan 5) Penggunaan media BK
Copyrights © 2023