Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi metode interaktif focus group discussion dalam manejemen pembelajaran kelas IV di MI Wahid Hayim III Kabupaten Malang pada mata pelajaran IPAS. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di MI Wahid Hayim III Kabupaten Malang yang berjumlah 40 siswa, sedangkan sampel yang diambil adalah kelas IV A dan B secara acak yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode interaktif focus group discussion dalam manejemen pembelajaran kelas IV di MI Wahid Hayim III Kabupaten Malang pada mata pelajaran IPAS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Selain itu, metode ini juga dapat meningkatkan interaksi antar siswa dan menumbuhkan rasa kebersamaan dalam kelas. Namun, perlu adanya pengawasan dari guru agar metode ini dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Simpulan dari penelitian ini adalah implementasi metode interaktif focus group discussion dalam manejemen pembelajaran kelas IV di MI Wahid Hayim III Kabupaten Malang pada mata pelajaran IPAS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2023