cover
Contact Name
Faradila Hasan
Contact Email
faradila.hasan@iain-manado.ac.id
Phone
+6285240355657
Journal Mail Official
faradila.hasan@iain-manado.ac.id
Editorial Address
Rumah Jurnal IAIN Manado Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128 Sulawesi utara, Indonesia
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat (Nyiur-Dimas)
ISSN : -     EISSN : 29634059     DOI : https://doi.org/10.30984/nyiur
NYIUR Dimas Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat is a peer reviewed journal published twice a year in June and December by the Institute for Research and Communing Service, State Islamic Institute of Manado IAIN Manado, Indonesia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 42 Documents
Meningkatkan Kesadaran Budaya Anti Korupsi melalui Penyuluhan Pendidikan Anti Korupsi kepada Siswa SMA Muhammadiyah Manado Kasim, Adriandi; Purwadi, Wira; Amiri, Kartika
NYIUR-Dimas: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 1 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30984/nyiur.v2i1.275

Abstract

Berdasarkan observasi, di kalangan siswa SMA, sebagian besar mereka belum mempunyai pemahaman mengenai budaya-budaya anti korupsi sehingga perlu adanya penyuluhan pendidikan anti korupsi kepada siswa SMA, karena masih masa pandemi Covid-19 sehingga masih kesulitan dalam menetukan sekolah yang akan menjadi target penyuluhan pendidikan anti korupsi, maka SMA Muhammadiyah Manado lah yang telah bersedia dilakukannya penyuluhan berkaitan dengan hal tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai budaya anti korupsi serta peran pemuda dalam memberantas korupsi. Berdasarkan pada analisis situasi yang diuraikan di atas, maka permasalahan mitra dinyatakan sebagai berikut: Kurangnya pemahaman pemuda terhadap Budaya Anti korupsi; Kurangnya sosialisasi dan informasi mengenai bagaimana peran pemuda dalam membantu memberantas korupsi; Ada berapa metode pelaksanaan dalam pengabdian ini, yaitu: Metode Pre Test, Metode Ceramah, Metode Audio Visual, dan Metode Tanya Jawab. Sebagai hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini yaitu korupsi merupakan kejahatan luar biasa, yang penangannya juga diperlukan tindakan yang luar biasa juga. Kurikulum pencegahan korupsi dalam bentuk Pendidikan Karakter Anti Korupsi untuk dapat di implentasikan sebagai sebuah mata pelajaran wajib yang diberikan pada jenjang pendidikan dasar, menengah dan atas.
PKM Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bermuatan Moderasi Beragama dan Pendidikan Karakter Pada Guru-Guru MIN 1 Minahasa Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa Hadirman, Hadirman; Igisani, Riton; Musafar, Musafar; Talibo, Ishak
NYIUR-Dimas: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 1 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30984/nyiur.v2i1.277

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk membekali guru-guru di MIN 1 Minahasa dalam penulisan karya ilmiah bermuatan moderasi beragama dan pendidikan karakter dan untuk membekali guru-guru di MIN 1 Minahasa dalam menerapkan tahapan-tahapan dan sistematika dalam penulisan karya ilmiah bermuatan moderasi beragama dan pendidikan karakter. Metode pengabdian ini dilakukan dengan ceramah, diskusi, dan tanya jawab antara narasumber dan guru-guru MIN 1 Minahasa, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara. Tahap-tahap pelaksanaan pengabdian, yakni persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelatihan penulisan karya tulis ilmiah berwawasan moderasi beragama dan pendidikan karakter telah menambah pengetahuan dan wawasan peserta pelatihan mengenai isu-isu riset dan sistematika penulisan maupun sistematika penulisan karya tulis ilmiah. Temuan kegiatan pengabdian ini memberikan informasi bahwa guru-guru di MIN 1 Minahasa memerlukan tindak lanjut berupa pendampingan PTK dan pendampingan menulis artikel ilmiah.
Upaya Peningkatan Kemampuan Guru dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar di Pondok Pesantren Pawero, Abdul Muis Daeng; Luma, Meiskyarti; Danial, Zelan Tamrin; Salim, Arhanuddin
NYIUR-Dimas: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 1 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30984/nyiur.v2i1.278

Abstract

Merdeka belajar merupakan kebijakan untuk memberikan kesempatan bagi sekolah, guru, dan peserta didik untuk berinovasi, berimprovisasi, dan bernegosiasi untuk belajar secara bebas, mandiri dan kreatif. Kebijakan merdeka belajar pertama kali diterapkan secara nasional pada tahun 2021 untuk memberikan ruang gerak kepada lembaga pendidikan khususnya guru-guru untuk melakukan inovasi dalam melaksanakan proses pendidikan di sekolah. Merdeka belajar merupakan suatu kondisi yang memberikan kepercayaan penuh kepada pihak sekolah, khususnya guru dan peserta didik dalam pembelajaran, sehingga peserta didik dapat berkembang secara optimal di bawah bimbingan guru. Merdeka belajar merupakan terobosan untuk menciptakan suasana belajar yang bebas dan menyenangkan, baik bagi peserta didik maupun para guru. Pelatihan implementasi kebijakan merdeka belajar ini, dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Luthfi Desa Lolanan Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara. Tujuan pelatihan implementasi merdeka belajar di pondok pesantren ini adalah memberikan bekal kemampuan secara paradigmatik kepada segenap unsur pondok pesantren al-luthfi serta keterampilan mengajar para guru di pondok pesantren terkait implementasi merdeka belajar pada satuan pendidikan dasar dan menengah, khususnya di pondok pesantren, serta meningkatkan motivasi guru di pondok pesantren dalam melaksanakan tugasnya dalam membangun paradigm pendidikan yang menyenangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di pondok pesantren. Dengan demikian, pelaksanaan kegiatan pengabdian dengan judul “Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Di Pondok Pesantren Al-Luthfi Desa Lolanan Kecamatan Sangtombolang, Bolaang Mongondow” memberikan manfaat yang signifikan bagi peningkatan kemampuan guru dalam implementasi kebijakan merdeka belajar serta para santri di lingkungan pondok pesantren.
Literasi Pemahaman Halal Bagi Pemilik Usaha N’ Poopy Cake & Dessert dan Lyvia Nusa Boga di Perumahan Griya Paniki Indah Kota Manado Syarifuddin, Syarifuddin; Abdullah, Yusno Otta
NYIUR-Dimas: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 1 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30984/nyiur.v2i1.281

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat agar pemilik usaha N’ Poopy Cake & Dessert dan Lyvia Nusa Boga di Perumahan Griya Paniki Indah Kota Manado dapat memahami prinsip dari produk halal, mengetahui bagaimana cara mengelola produk agar mendapat sertifikat halal, dan mampu konsisten menjaga standar operasional produk halal. Hal ini penting karena produk yang bersertifikat halal diharapkan dapat memberikan keuntungan finansial dan memiliki dampak bagi kesejahteraan khususnya bagi pemilik Usaha N’ Poopy Cake & Dessert dan Lyvia Nusa Boga di Perumahan Griya Paniki Indah Kota Manado. Metode yang digunakan kepada pemilik usaha N’ Poopy Cake & Dessert dan Lyvia Nusa Boga yaitu penyampai materi dan kriteria system jaminan halal dalam HAS 23000, Tanya jawab, dan diskusi sesuai permasalahan riil yang dihadapi oleh pemilik usaha. Hal yang diperoleh yaitu memahami konsep dasar kriteria sertifikat halal. Di sisi lain, perlu mengetahui bagaimana cara mengelola usaha untuk mendapatkan sertifikat halal berdasarkan HAS 23000. Selain itu, mendapatkan sertifikat halal dalam meningkatkan kepercayaan konsumen dan menambah keuantugan usaha.
Pemberdayaan Usaha Ekonomi Produktif bagi Masyarakat Miskin di Desa Gangga II Dengan Menggunakan Metode ABCD Bukido, Rosdalina; Mushlihin, Muhammad Azhar
NYIUR-Dimas: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 1 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30984/nyiur.v2i1.286

Abstract

Artikel ini berdasarkan pengabdian kepada masyarakat program Litabdimas 2021 di Desa Gangga II selama 5 bulan. Artikel ini bertujuan untuk menunjukkan pengembangan pemberdayaan usaha ekonomi yang produktif untuk masyarakat miskin dengan menggunakan metode ABCD. Artikel ini disusun dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data didapatkan melalui wawancara dan FGD kepada masyarakat dengan latar belakang PKK, Nelayan, Majelis Ta’lim, BumDes dan Remaja Masjid dan kemudian dianalisis dengan pemikiran induktif. Berdasarkan hasil analisis dan pemetaan aset ekonomi produktif dengan metode pengembangan masyarakat Asset Based bahwa program yang dilaksanakan adalah pendampingan start-up untuk membantu kelompok dan individu di masyarakat desa Gangga Dua, dan proses pendampingan. diberikan kepada peserta yang terlibat dalam kewirausahaan, Proses terbimbing dalam manajemen pemasaran, teknologi produksi dan praktik kewirausahaan langsung. Perlu mendorong masyarakat Desa Gangga Dua untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan rencana tersebut. Hal ini akan memungkinkan masyarakat dalam kelompok dan individu berfungsi dan dapat merasakan manfaat positif dari program yang dilaksanakan. Pemerintah desa perlu bekerjasama secara komprehensif dengan berbagai instansi atau lembaga untuk mendukung proyek-proyek yang belum terealisasi di bidang pendidikan, sosial keagamaan dan teknologi tepat guna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Gangga II.
Pendampingan Peningkatan Pemahaman Guru Terhadap Materi Matematika di MIN 1 Manado Mutmainah Mutmainah; Kadir Kadir; Andi Asma; Agung Budi Santoso; Andri Rajak
NYIUR-Dimas: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 2 (2021)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30984/nyiur.v1i2.334

Abstract

Kegiatan pendampingan dengan tema Pendampingan Peningkatan Pemahaman Guru terhadap Materi Matematika di MIN 1 Manado dengan materi matematika diselenggarakan selama empat sesi mendapat sambutan dan apresiasi yang baik dari peserta. Keadaan ini dapat dilihat dari kehadiran dan antusiasme tenaga pendidik dan kependidikan dalam berperan aktif selama proses pendampingan yang dilakukan. Selanjutnya diharapkan dapat menjadi kegiatan berkesinambungan untuk membantu masyarakat dalam menangani permasalahan yang mereka hadapi.
Interaksi Edukatif Guru PAI dalam Membangun Sikap Kesadaran Sosial Siswa di SD IT Nurul Islam Wasito, Wasito; Afif, Rokhmad; Nursikin, Mukh
NYIUR-Dimas: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 2 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30984/nyiur.v2i2.347

Abstract

Praktik pembelajaran PAI yang masih sering menitikberatkan pada persoalan-persoalan teoretis kognitif yang berkaitan dengan pengembangan nilai-nilai Islam dengan mengabaikan pengembangan aspek afektif dan kognitif-volatif, seperti kemauan dan tekad untuk mengamalkan nilai-nilai Islam, menjadi konteks bagi pembelajaran PAI. Akibatnya seringkali terjadi keterputusan antara bagaimana agama dipahami dan bagaimana agama itu dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang yang beragama secara individu saleh tetapi tidak saleh secara sosial. Penelitian lebih lanjut dilakukan pada interaksi edukatif guru PAI dan implementasinya terhadap sikap. Kesalehan sosial siswa berdasarkan masalah ini. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif berbasis sosiologi pendidikan. Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah semua metode pengumpulan data. Analisis kualitatif data penelitian meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi data, atau triangulasi teknis, sumber, dan waktu, berfungsi sebagai uji validasi data penelitian. Temuan penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: Pola interaksi pendidikan pertama yang digunakan guru PAI adalah pola interaksi satu arah. Guru PAI menggunakan metode ceramah untuk menerapkan pola interaksi satu arah ini.2) Pola interaksi dua arah, yang dilakukan melalui format tanya jawab oleh instruktur PAI.3) Guru PAI menggunakan metode pembelajaran diskusi kelompok dan berbagai kegiatan keagamaan yang berkaitan dengan kesalehan sosial sebagai bagian dari pola interaksi multi arah. Kedua, proses KBM PAI digunakan untuk mengimplementasikan interaksi edukatif guru PAI di SD IT Nurul Islam Tengaran, termasuk membiasakan siswa untuk berdoa terlebih dahulu. dan setelah pembelajaran, memahami materi pembelajaran sebelumnya, menguasai dan menyampaikan materi pembelajaran yang baik, menghubungkan dengan isu-isu masyarakat, menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dengan bantuan media dan strategi pembelajaran, bersikap terbuka, inklusif, objektif, dan tidak diskriminatif terhadap siswa, dan memberikan evaluasi untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Di luar KBM PAI yaitu mengenalkan siswa pada ajaran Islam menanamkan nilai-nilai melalui kegiatan keagamaan berbasis sekolah.
E-Learning Application Training for Junior High School and Madrasah Tsanawiyah Teachers in Manado City Saini, Fadhlan; Halimah, Nur; Saud, Indah Wardaty
NYIUR-Dimas: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 2 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30984/nyiur.v2i2.352

Abstract

E-learning has always been a need for everyone. It develops to be utilized since Covid-19 attack. For this reason, many parties including Education attempts to involve applications in E-learning materials. Teachers, in particular required a lot of methods to apply teaching and learning materials through online materials. Within this case, this community service aims to train teachers in using and applying E-learning applications into the classroom. The following community service was accomplished in several schools located in Manado city, such as SMP Yapim, MTs Assalaam, Mts Al Muhajirin. The subjects were teachers from the following schools who have been teaching during covid-pandemic. This activity was held during one month. The results say that the teachers feel motivated, improved and getting understood to have an easier method to use E-learning application such as Edmodo and Google Classroom for their Classroom. The tools in those applications are useful, for instance, to perform an understanding about how to use formula in Math, how to express ideas in English, how to write an assignment in History, and how to learn sufficiently and properly. In the meantime, students are also conveyed grateful and enjoyable to use google classroom and Edmodo application. However, factors such as do not have and have limited smartphone, internet network, and the late to access the apps can be said as the problems found during the service by the team. Keywords: E-learning; Learning Applications, Junior High Schoool Teachers.
Implementasi Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Mahasiswa IAIN Manado Saud, Indah Wardaty; Darise, Gina Nurvina
NYIUR-Dimas: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 2 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30984/nyiur.v2i2.358

Abstract

Implementasi Metode Tahsin Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Mahasiswa IAIN Manado merupakan kegiatan bagi mahasiswa IAIN Manado khususnya Program Studi Tadris Bahasa Inggris dan Pendidikan Agama Islam sebagai penerus generasi Islam untuk dapat mempelajari, membaca, dan menulis Al-quran. Pengabdian ini penting dilaksanakan untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan mahasiswa dalam membaca dan menulis Al-qur’an. Sehingga, di akhir studi nanti yakni saat ujian komprehensif dan Skripsi, mahasiswa bisa memperoleh nilai yang baik. Peserta dalam pengabdian ini berjumlah 45 orang mahasiswa baru semester Ganjil 2022/2023. Kegiatan ini berlansung 16 kali pertemuan, diawali dengan pretest dan diakhir dengan posttest, untuk mengukur ketercapaian program. Melalui program pengabdian ini, mahasiswa menunjukkan peningkatan dalam makharijul huruf, panjang pendek bacaan, dan waqof.
Workshop Mendeley Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado Agung Budi Santoso; Ahmad Mustamir Waris; Aditya Pramana Mato; Faqinah Jundun Shalihah
NYIUR-Dimas: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30984/nyiur.v1i1.360

Abstract

Karya ilmiah atau skripsi merupakan salah satu bagian penting dalam unsur pendidikan di perguruan tinggi, sehingga setiap mahasiswa diwajibakan harus menyelesaikan skripsi sebelum mereka mendapatkan gelar sarjana. Dikarenakan efek pentingnya ini sehingga banyak yang mencari jalan pintas dengan melakukan plagiarisme agar skripsi mereka cepat selesai. Untuk mencegah plagiarisme kita dapat memanfaatkan sebuah aplikasi yang bernama mendeley agar skripsi yang dibuat sesuai dengan prosedur pengutipan, sitasi yang benar, dan memperkaya sumber riset yang kita buat. Kegiatan pendampingan aplikasi mendeley ini dilaksankan dengan tujuan agar mahasiswa IAIN Manado terhindar dari plagiarisme serta skripsi yang mereka buat sesuai dengan tata cara penulisan serta tersitasi dengan baik. Kegiatan ini dilaksanakan secara online pada 15 Oktober 2021 sampai 16 Oktober 2021 melalui zoom meeting dikarenakan wabah covid-19. Adapun tahapan kegiatannya dimulai dari pengenalan aplikasi mendeley, cara instalasi, setting aplikasi, import referensi, cara sitasi, dan pembuatan daftar pustaka. Hasil kegiatan ini diharapakan agara mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Manado memiliki pengetahuan mengenai cara membuat skripsi yang sesuai prosedur dan tersitasi dengan baik.