Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bentuk aljabar menurut klasifikasi Kastolan, di kelas VII SMP Negeri 1 Kontunaga.Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, ditemukan bahwa siswa melakukan berbagai kesalahan, termasuk kesulitan dalam memahami konsep dasar matematika, menafsirkan maksud soal, dan memilih rumus atau operasi hitung yang tepat.Berdasarkan analisis data terkait klasifikasi kastolan, ditemukan bahwa kesalahan siswa dapat dikelompokkan menjadi kesalahan konseptual, prosedural, dan teknik.Faktor-faktor penyebab kesalahan meliputi kurangnya pemahaman konsep dasar matematika, kurangnya keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika, dan kurangnya kesadaran terhadap kesalahan yang dibuat.Studi ini juga mengidentifikasi beberapa upaya dan taktik jitu yang dapat diterapkan guru untuk menyiasati kesalahan siswa, seperti memperkuat pemahaman konsep dasar matematika dan memberikan umpan balik yang konstruktif.Diharapkan penelitian ini dapat membantu meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi bentuk aljabar dan keterampilan mereka dalam menyelesaikan soal matematika.
Copyrights © 2024