Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 12, No 2 (2024)

ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI BENTUK ALJABAR MENURUT KLASIFIKASI KASTOLAN

Rahmi, Aulia (Unknown)
Samparadja, Hafiludin (Unknown)
Busnawir, Busnawir (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bentuk aljabar menurut klasifikasi Kastolan, di kelas VII SMP Negeri 1 Kontunaga.Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, ditemukan bahwa siswa melakukan berbagai kesalahan, termasuk kesulitan dalam memahami konsep dasar matematika, menafsirkan maksud soal, dan memilih rumus atau operasi hitung yang tepat.Berdasarkan analisis data terkait klasifikasi kastolan, ditemukan bahwa kesalahan siswa dapat dikelompokkan menjadi kesalahan konseptual, prosedural, dan teknik.Faktor-faktor penyebab kesalahan meliputi kurangnya pemahaman konsep dasar matematika, kurangnya keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika, dan kurangnya kesadaran terhadap kesalahan yang dibuat.Studi ini juga mengidentifikasi beberapa upaya dan taktik jitu yang dapat diterapkan guru untuk menyiasati kesalahan siswa, seperti memperkuat pemahaman konsep dasar matematika dan memberikan umpan balik yang konstruktif.Diharapkan penelitian ini dapat membantu meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi bentuk aljabar dan keterampilan mereka dalam menyelesaikan soal matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...