Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 12, No 2 (2024)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Zulkifli, Muhammad (Unknown)
Awaludin, Awaludin (Unknown)
Hasnawati, Hasnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 9 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kendari yang terdiri 371 siswa dengan 1 kelas unggulan dan 10 kelas paralel. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive serta penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol secara acak diperoleh kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen dan VIII.10 sebagai kelas kontro. Data dikumpulkan melalui tes uraian dan dianalisis dengan pendekatan statistika deskriptif untuk merangkum gambaran kemampuan siswa dan statistika inferensial untuk penarikkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe SFAE memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa (67,27) melampaui siswa yang menerima model PBL (62,12). Kesimpulan penelitian ini mendukung pandangan bahwa model kooperatif tipe SFAE dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 9 Kendari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...