Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 9 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kendari yang terdiri 371 siswa dengan 1 kelas unggulan dan 10 kelas paralel. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive serta penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol secara acak diperoleh kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen dan VIII.10 sebagai kelas kontro. Data dikumpulkan melalui tes uraian dan dianalisis dengan pendekatan statistika deskriptif untuk merangkum gambaran kemampuan siswa dan statistika inferensial untuk penarikkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe SFAE memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa (67,27) melampaui siswa yang menerima model PBL (62,12). Kesimpulan penelitian ini mendukung pandangan bahwa model kooperatif tipe SFAE dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 9 Kendari.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024