Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kemampuan representasi matematis siswa berdasarkan tingkat kemampuan matematika. Deskriptif kualitatif diterapkan pada penelitian ini dengan mengumpulkan data melalui observasi, dokumentasi, tes tertulis,dan wawancara. Tiga siswa dipilih sebagai subjek penelitian yang dibedakan berdasarkan tingkat kemampuan matematikanya yaitu dari siswa yang mempunyai kemampuan matematika rendah, kemampuan matematika sedang, dan kemampuan matematika tinggi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan: (1) Siswa yang berkemampuan matematika tinggi melakukan penyelesaian masalah pada materi pythagoras dengan memenuhi semua indikator dari representasi matematis yaitu representasi visual, representasi ekspresi atau persamaan matematika, dan representasi kata-kata atau teks tertulis. (2) Siswa yang mempunyai kemampuan matematika sedang menyelesaikan masalah pada materi pythagoras hanya memenuhi dua dari tiga indikator representasi matematis yaitu indikator representasi kata-kata atau teks tertulis dan representasi visual. (3) Siswa yang mempunyai kemampuan matematika rendah belum memenuhi ketiga indikator representasi matematis dalam penyelesaian masalah pada materi pythagoras.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023