Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 12, No 2 (2024)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP

Rosfaeni, Rosfaeni (Unknown)
Awaludin, Awaludin (Unknown)
Prajono, Rahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan tujuan untuk melihat deskripsi kemampuan koneksi matematis siswa dan mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lede yang terdiri dari tiga kelas paralel. Dua kelas dipilih sebagai sampel dengan teknik acak dan diperoleh kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya dilaksanakan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah serta kelas VIII-B sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes kemampuan konekasi matematis. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskrptif dan inferensial. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah mempunyai rata-rata sebesar 66,25 dengan nilai minimum 41,60, dan nilai maksimum 91,60. (2) kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional mempunyai rata-rata 57,20 dengan nilai minimum 33,30 dan nilai maksimum 83,30. (3) Model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lede.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...