Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 12, No 1 (2024)

ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI PENYAJIAN DATA

Marsalina Marsalina (Unknown)
Hafiluddin Samparadja (Unknown)
Zamsir Zamsir (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi visual siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif eksploratif dengan menggunakan startegi deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 12 Kendari Tahun Ajaran 2021/2022 pada kelas VII-4. Sumber data penelitian ini adalah hasil tes dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja masing-masing kategori adalah sebagai berikut : (a) siswa kategori tinggi dapat mengerjakan 2 butir soal pada indikator menyajikan kembali data atau informasi ke dalam bentuk tabel,grafik atau diagram dan 1 butir soal pada indikator menggunakan representasi visual (tabel,grafik atau diagram) untuk menyelesaikan masalah; (b) siswa kategori sedang dapat mengerjakan 1 butir soal pada indikator menyajikan kembali data atau informasi ke dalam bentuk tabel,grafik atau diagram dan 1 butir soal pada indikator menggunakan representasi visual (tabel,grafik atau diagram) untuk menyelesaikan masalah; (c) siswa kategori rendah dapat mengerjakan 1 butir soal pada indikator menyajikan kembali data atau informasi ke dalam bentuk tabel,grafik atau diagram.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...