Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi visual siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif eksploratif dengan menggunakan startegi deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 12 Kendari Tahun Ajaran 2021/2022 pada kelas VII-4. Sumber data penelitian ini adalah hasil tes dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja masing-masing kategori adalah sebagai berikut : (a) siswa kategori tinggi dapat mengerjakan 2 butir soal pada indikator menyajikan kembali data atau informasi ke dalam bentuk tabel,grafik atau diagram dan 1 butir soal pada indikator menggunakan representasi visual (tabel,grafik atau diagram) untuk menyelesaikan masalah; (b) siswa kategori sedang dapat mengerjakan 1 butir soal pada indikator menyajikan kembali data atau informasi ke dalam bentuk tabel,grafik atau diagram dan 1 butir soal pada indikator menggunakan representasi visual (tabel,grafik atau diagram) untuk menyelesaikan masalah; (c) siswa kategori rendah dapat mengerjakan 1 butir soal pada indikator menyajikan kembali data atau informasi ke dalam bentuk tabel,grafik atau diagram.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024