Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar terhadap kemampuan membaca siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah kajian literature (Library Research). Sumber data pada penelitian ini adalah 9 penelitian terdahulu berupa jurnal yaitu terdiri dari 7 jurnal dengan jenis penelitian eksperimen dan 2 jenis penelitian tindakan kelas. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis oleh Miles dan Huberman dengan tiga tahapan yaitu Pengumpulan Data (Data Collection), Reduksi Data (Data Reduction), dan Penarikan Kesimpulan (Drawing Conclution). Berdasarkan analisis data pada 8 jurnal eksperimen ditemukan bahwa Terdapat pengaruh yang positif penggunaan media pembelajaran Buku Cerita Bergambar terhadap kemampuan membaca siswa Sekolah Dasar. Pada 2 jurnal penelitian tindakan kelas ditemukan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan membaca siswa setelah menggunakan media pembelajaran Buku Cerita Bergambar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif penggunaan media pembelajaran Buku Cerita Bergambar terhadap kemampuan membaca siswa Sekolah Dasar. Pengaruh positif tersebut tidak hanya terjadi pada kemampuan membaca siswa namun juga pada motivasi belajar siswa
Copyrights © 2023