Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan wujud benda di kelas V SD Swasta Bakti Luhur Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Waktu penelitian dilakukan pada bulan oktober 2022. Populasi penelitian ialah seluruh siswa kelas V sebanyak 40 orang yang terdiri dari kelas A dan kelas B. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu test, documentasi dan observasi. Analisis data dapat dibuktikan dari hasil analisis yang diperoleh dari Hasil Uji T untuk melihat pengaruh. Berdasarkan tabel Uji T nilai sig. (2-tailed) atau p – value = 0,001 0,005 atau H0 ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran demonstrasi berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Swasta Bakti Luhur Medan
Copyrights © 2023