Aplikasi TikTok saat ini menjadi media sosial yang sedang digemari oleh banyak orang dikalangan usia. Aplikasi Tiktok menjadi aplikasi yang menempati posisi pertama dalam urutan beberapa aplikasi yang banyak diunduh pada tahun 2020 dengan unduhan 63,3 juta. Media sosial seperti TikTok menjadikan penggunanya mempresentasikan diri mereka dengan mengekspresikan diri untuk menciptakan kesan yang menyenangkan atau penilaian diri yang ditunjukkan kepada orang lain. Melalui sosial media TikTok seseorang akan menampilkan dirinya sebaik mungkin untuk mendapatkan tanggapan positif, namun pada masa remaja harga diri seseorang terus menurun, kemunduran perilaku remaja, citra tubuh dan masalah lain yang berakitan dengan pubertas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris Hubungan Antara Harga Diri dengan Presentasi Diri pada Remaja Pengguna Aplikasi TikTok di Bekasi. Penelitian ini dilakukan di daerah Bekasi, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif . Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan skala presentasi diri dan harga diri pada pengguna aplikasi TikTok. Teknik pengambilan data menggunakan snowball sampling dengan 118 responden. Berdasarkan perhitungan menggunakan Teknik product moment pearson didapatkan hasil korelasi sebesar 0,430** dengan signifikansi 0,000 (p<0,05). Artinya adanya hubungan antara harga diri dengan presentasi diri pada remaja pengguna aplikasi TikTok di Bekasi.
Copyrights © 2022