Jurnal SOLMA
Vol. 12 No. 3 (2023)

Pendidikan Moderasi Beragama Melalui Pemahaman Teknologi Informasi Bagi Siswa dan Siswi SMK Al-Makiyah

Isa Faqihuddin Hanif (Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA, Fakultas Teknologi Industri dan Informatika Uhamka, Jl. Tanah Merdeka No.6, RT.10/RW.5, Rambutan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia, 13830)
Arif Hamzah (Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA, Fakultas Teknologi Industri dan Informatika Uhamka, Jl. Tanah Merdeka No.6, RT.10/RW.5, Rambutan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia, 13830)
Emilia Roza (Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA, Fakultas Teknologi Industri dan Informatika Uhamka, Jl. Tanah Merdeka No.6, RT.10/RW.5, Rambutan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia, 13830)
Yos Nofendri (Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA, Fakultas Teknologi Industri dan Informatika Uhamka, Jl. Tanah Merdeka No.6, RT.10/RW.5, Rambutan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia, 13830)
Rahmi Imanda (Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA, Fakultas Teknologi Industri dan Informatika Uhamka, Jl. Tanah Merdeka No.6, RT.10/RW.5, Rambutan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia, 13830)
Dwi Febriyadi (Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA, Fakultas Teknologi Industri dan Informatika Uhamka, Jl. Tanah Merdeka No.6, RT.10/RW.5, Rambutan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia, 13830)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Background: Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan mendesak untuk mengembangkan pemahaman moderasi beragama di kalangan siswa dan siswi SMK Al-Makiyah. Dalam era teknologi informasi yang berkembang pesat, pemahaman agama yang moderat menjadi sangat penting dalam mewujudkan harmoni dan toleransi dalam Masyarakat. Tujuan utama adalah meningkatkan pemahaman moderasi beragama siswa dan siswi. Metode: Kegiatan melibatkan Tim Pengmas FTII Uhamka dan SMK Al-Makiyah dengan siswa SMK Al - Makiyah. Metode meliputi pelatihan pemahaman moderasi beragama melalui teknologi informasi. Hasil: Pemanfaatan teknologi informasi dapat berperan penting dalam pendidikan moderasi beragama bagi siswa dan siswi SMK Al-Makiyah. Kesimpulan: Adanya peningkatan pemahaman moderasi beragama di antara siswa dan siswi SMK Al-Makiyah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...