Pendahuluan: Perkembangan teknologi digital telah memberikan dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah pedesaan. Studi ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi terkait pemanfaatan media digital dalam memengaruhi perkembangan UMKM di Desa Prayungan dengan menggunakan pendekatan ABCD. Metode: Metode yang digunakan, yaitu metode ABCD sebagai pendekatan utama dalam menggali dan mengembangkan potensi Masyarakat UMKM Desa Prayungan. Hasil: Peningkatan ketrampilan dalam mengelola dan memasarkan produk dengan basis caption dan packaging yang menarik dalam media sosial bagi pelaku UMKM Desa Prayungan, yang berdampak pada peningkatan pendapatan dan pertumbuhan usaha. Kesimpulan: Sosialisasi penggunaan media digital berupa media sosial dan platform e-commerce telah membantu UMKM Desa Prayungan untuk mencapai lebih banyak pelanggan, meningkatkan pendapatan, dan mengembangkan bisnis mereka.
Copyrights © 2023